Sins of Parenting

1 Samuel  2 : 29

“Mengapa engkau memandang dengan loba kepada korban sembelihan-Ku dan korban sajian-Ku, yang telah Kuperintahkan, dan mengapa engkau menghormati anak-anakmu lebih dari pada-Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu dengan bagian yang terbaik dari setiap korban sajian umat-Ku Israel?”
Saat kita menjalankan homeschooling dan mendidik anak-anak, Tuhan mengingatkan bahwa dosa orangtua adalah : MENGHORMATI ANAK.
Ini merupakan teguran  Tuhan secara langsung  kepada imam Eli, karena imam Eli menghormati anak-anaknya lebih daripada Tuhan. Dan Tuhan marah kepada iman Eli karena anaknya dan karena perbuatan anaknya.
Sebagai orang tua, ini menjadi tantangan dalam hidup kita, karena banyak orangtua yang mengalami kesulitan dalam mendidik anak-anaknya, bahkan ditaklukkan oleh keinginan anak-anaknya.
Apa arti dari MENGHORMATI ANAK ?

a.       1 Samuel 3 : 13
“Sebab telah Kuberitahukan kepadanya, bahwa Aku akan menghukum keluarganya untuk selamanya karena dosa yang telah diketahuinya, yakni bahwa anak-anaknya telah menghujat Allah, tetapi ia tidak memarahi mereka!”
Ayat ini menjelaskan ketika anak imam Eli menghujat Allah, Eli tidak menegur dan mengajar anaknya, imam Eli tidak memarahi, tidak mendidik, karena imam Eli tidak punya standard.
Saat Hofni & Pinehas berdosa, Tuhan justru menegur imam Eli sebagai orangtuanya, bukan menegur anak-anaknya.
Jadi, menghormati anak adalah di mana orangtua tidak melatih anak-anaknya untuk menghormati Tuhan dengan sungguh-sungguh.
Saat orangtua tidak melatih anak untuk menghormati Tuhan, saat kita tidak menegur anak kita ketika tidak menghormati Tuhan, hal ini sama dengan kita sebagai orangtua juga tidak menghormati Tuhan.
Oleh karena itu, tanggung jawab orangtua adalah mendidik agar anak kita takut akan Tuhan sepanjang hidupnya.
Contoh :
          Apakah orangtua mendidik anak untuk memiliki waktu Saat Teduh & persekutuan pribadi dengan Tuhan ?
          Apakah saat ibadah kita melatih anak-anak kita untuk tidak main hp ?
b.      1 Samuel 2:25
Jika seseorang berdosa terhadap seorang yang lain, maka Allah yang akan mengadili; tetapi jika seseorang berdosa terhadap TUHAN, siapakah yang menjadi perantara baginya?” Tetapi tidaklah didengarkan mereka perkataan ayahnya itu, sebab TUHAN hendak mematikan mereka.
Menghormati anak adalah di mana orangtua membiarkan anak saat anak tidak mendengarkan perkataan orangtuanya.
Artinya, kita tidak mengajar anak untuk menghormati orang tua.
c.       1 Samuel 2 : 22
“Eli telah sangat tua. Apabila didengarnya segala sesuatu yang dilakukan anak-anaknya terhadap semua orang Israel dan bahwa mereka itu tidur dengan perempuan-perempuanyang melayani di depan pintu Kemah Pertemuan”
Menghormati anak adalah tidak melatih anak untuk hidup dalam kekudusan,  memberi batasan,  mana yang boleh mana yg tidak boleh,  mana yang

tidak sesuai Firman Tuhan dan mana yang sesuai.

Sehingga saat anak melakukan ketidakkudusan,  ia tidak merasa berdosa. 
Mengapa anak tidak merasa berdosa ?
Bukan karena anak itu tidak mengerti,  tetapi karena tidak diajarkan garis dan batasan antara mana yang benar dan mana yang berdosa.

Inilah tanggung jawab kita sebagai orangtua !!

(by : win)

Leave a Reply

Your email address will not be published.